SAKO SPN Peduli Lingkungan Lewat Kokedama



Depok, (6/20) Peduli terhadap kelestarian lingkungan bisa dimulai lewat banyak hal, termasuk lewat hal sederhana seperti menghias tanaman dengan metode kokedama. Kokedama adalah teknik menanam dari Jepang yaitu menempatkan tanaman dalam bola tanah kemudian membungkusnya dengan moss (lumut) lalu mengikatnya dengan tali.

Program kesadaran terhadap lingkungan yang digagas oleh DPP LDII menjadi ide awal mengapa DPD LDII Kota Depok melalui SAKO SPN Kota Depok mengadakan latihan pramuka dengan materi menghias tanaman menggunakan metode kokedama.


Kegiatan tersebut juga diawali dari keprihatinan LDII terhadap tingginya angka sampah plastik di indonesia. Kondisi itu dikhawatirkan semakin memprihatinkan jika penggunaan plastik tidak dibatasi dan kepedulian terhadap lingkungan tidak ditumbuhkan. Menanam tanaman dengan metode kokedama adalah salah satu langkah kecil untuk ikut menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan.

LDII Kota Depok melalui SAKO SPN Kota Depok meminta kepada para peserta untuk menanam tanaman di halaman depan rumahnya sehingga semua orang yang melewati halaman rumah mereka akan melihat taman tersebut.

"Ini bukan latihan pramuka yang sekadar asal jalan. Ini adalah gerakan agar masyarakat peduli terhadap lingkungannya. Tanaman itu bisa dinikmati oleh semua yang melihatnya," tegas Sony Pawoko , pengurus Pramuka Kwarcab Kota Depok Bidang Saka dan Sako.

Ke depannya, mereka berharap kegiatan ini juga bisa diadakan di gudep-gudep di Kota Depok dan bisa menjadi sebuah gerakan berskala global.

"Pembinaan terhadap generasi penerus melalui gerakan Pramuka tidak boleh berhenti, mari tetap produktif dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan di masa Pandemi covid 19" pungkas Sony.

Posting Komentar