5 Hikmah Dalam Pensil

Pada era zaman sekarang, pensil tidak lagi menjadi alat tulis yang popular masa kini, bahkan cenderung dilecehkan. 
Akan tetapi computer yang dianggap alat tercanggih saat ini, masih tetap membutuhkan jasa pensil sebagai media yang dapat dipercaya mengenai kejujuran dalam menjawab pertanyaan. Pensil banyak digunakan sebagai pembaca jawaban disaat mengerjakan UAN / UAS. 
Pensil yang kita bicarakan  ini sama nasibnya dengan kapur tulis yang lama kelamaan tidak populer dan diganti dengan spidol.
Namun coba renungkan bersama - sama mengenai makna yang terkandung di dalam sebuah pensil. Dalam kesederhanaannya, pensil mempunyai 5 makna yang bisa membuat manusia tenang dalam menjalani hidup. diantaranya yaitu :

Pertama, Pensil bisa dipakai menulis dengan dengan baik atau jelek, benar atau salah, itu semua tergantung dari tangan yang menggerakkannya. 
Yang artinya dalam setiap kita langkah dan perbuatan, jangan lupa minta “Tangan Alloh” untuk selalu menggerakkan langkah kita dalam keridhoan-Nya.

Kedua, dalam proses menulis, terkadang beberapa kali harus berhenti karena pensil tumpul sehingga menggunakan rautan untuk menajamkan pensil kembali. Rautan ini pasti akan membuat si pensil sakit menderita, tapi setelah proses meraut itu selesai, si pensil akan mendapatkan ketajamannya kembali. 
Begitu juga dalam hidup ini, kita harus berani menerima penderitaan dan kesusahan, karena melalui proses itu yang akan membuat kita menjadi orang yang lebih baik. Seperti pepatah mengatakan "Barang siapa yang terbakar, dialah yang akan bersinar"

Ketiga, pensil selalu didampingi penghapus yang setia dan siap setiap saat memperbaiki tulisan yang salah. 
Hal itu bermakna bahwa memperbaiki kesalahan dalam hidup ini, bukanlah hal yang jelek, bahkan bisa membantu kita untuk tetap berada pada jalan yang benar.

Keempat, bagian yang paling penting dari sebuah pensil bukanlah pembungkus luarnya, melainkan inti pensil yang ada di dalamnya. 
Oleh sebab itu, selalulah hati – hati, karena nilai dirimu akan sangat bergantung pada perilaku luhur jiwamu yang ada dalam hati. Sebab meskipun seseorang mempunyai fisik yang istimewa tapi kalau hatinya jelek, maka keistimewaan fisiknya akan hilang, wibawanya akan semakin menghilang.

Kelima, pensil selalu meninggalkan tanda / goresan. 
Sadarlah bahwa apapun yang kita perbuat dalam hidup ini akan meninggalkan bekas yang diingat banyak orang . Bahkan seandainya kalau kita menyakiti orang lain / menggores hati orang lain, maka meskipun kita sudah minta maaf habis – habisan, goressan itu tidak akan hilang secara sempurna. Maka dari itu kita harus selalu hati – hati dan sadar terhadap semua tindakan sebelum kita melangkah, jangan sampai perilaku tersebut melukai orang lain. Sekali panah terlepas dari busurnya, dia tidak akan pernah kembali.

Itu adalah hal - hal yang bisa kita ambil hikmah dari sebuah pensil yang terkadang kita remehkan fungsi dan fisiknya. Ternyata ada beberapa hal yang bisa menuntun kehidupan kita menjadi orang yang istimewa, baik dihadapan manusia maupun Alloh SWT.
Semoga bisa memberikan manfaat...aamiiin

Sumber : http://ldiikediri.blogspot.com/2016/01/5-hikmah-di-dalam-pensil.html

Posting Komentar