Sako Persada Nusantara dan PPG Gelar Pelatihan Juru Dakwah

Depok (30/1). Pramuka Satuan Komunitas Persada Nusantara (SPN), Penggerak Pembina Generus (PPG), dan DPD LDII Kota Tangerang menggelar Sosialisasi dan Sinkronisasi (SOSIN) di Sawangan, Depok. Acara ini melibatkan 171 peserta, yang terdiri dari perwakilan-perwakilan semua Gugus Depan se-Kota Tangerang.
“Kategori yang dihadirkan dalam acara SOSIN ini sendiri diambil dari Pembina-pembina yang menangani Siaga, Penggalang, dan Penegak disetiap Gudep”, ujar Toto Ketua Pelaksana dari kegiatan ini.
Para peserta diuji kemampuannya dalam keterampilan kemandirian, mulai dari mendirikan tenda kemah, menyiapkan hidangan hingga kerjasama beregu dalam games pramuka seperti Wide Games dan yel-yel pramuka. Acara ini juga diramaikan dengan beberapa pengisian materi yang berkaitan dengan kepramukaan, pembuatan api unggun, latihan baris-berbaris, dan beberapa nyanyian pramuka.
“Kegiatan mendirikan tenda yang dilakukan para peserta ditujukan karena dalam pramuka pembuatan tenda dibangun secara gotong royong yang dibarengi musyawarah dan kerja tim. Dengan hal inilah mereka dilatih untuk tidak bekerja sendiri, dilatih berkordinasi satu sama lain untuk membuat tenda yang kokoh dan kuat,” pungkas Warsini Kepanduan Mabinas putri Sakonas Banten.
Acara ini semacam Training Of Trainer (TOT), dimana pelatihan para pelatih untuk bekal mereka dalam melatih generasi muda LDII di setiap PAC. “Tujuan utama dari kegiatan ini adalah mewujudkan Tri Sukses, yaitu faqih fiddin, akhlakul karimah, dan kemandirian. Pemahaman agama sudah sering didapatkan saat pengajian remaja minggunya di PAC LDII, namun untuk penerapan berupa akhlakul karimah dan kemandirian yang belum terlihat, sehingga kami dari tim PPG  bekerjasama dengan pramuka,” ujar Ade Indra Ketua PPG Tangerang kota.

Acara ini berupaya membentuk kepribadian para remaja berlandaskan pendidikan religius dan kemandirian. Dan PPG melihat salah satu alat yang penting dalam mendidik dan membentuk  karakter pemuda, adalah melalui gerakan Pramuka. Dengan Pramuka, mewuijudkan Tri Sukses generasi penerus menjadi lebih mudah untuk dilaksanakan. (Inggri/LINES)

Posting Komentar