Hikmah Kebiasaan Yang Menjadi Budaya

Masih ingatkah dengan hadist yang diriwayatkan Imam Muslim, bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda:
لاَ يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِىَ فَلْيَسْتَقِئْ
“Jangan sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan.”
Kebiasaan ini kerap dilakukan umat manusia, bahkan telah mengakar budaya sejak zaman Nabi Muhammad Saw. Nabi Muhammad SAW dalam hadis riwayat Muslim menegur umatnya yang memiliki kebiasaan minum sambil berdiri:
عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ نَهَى أَنْ يَشْرَبَ الرَّجُلُ قَائِمًا
Dari Nabi: beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata pada Anas,“bagaimana dengan makan(sambil berdiri)?” Anas menjawab itu lebih parah dan lebih jelek. (HR.Muslim). Para ulama menjelaskan, dikatakan makan dengan berdiri lebih jelek karena makan itu membutuhkan waktu yang lebih lama daripada minum.”

Larangan ini diperkuat dengan penelitian di dunia kesehatan. Menurut dr. Andri Setiawan. Makan dan minum sambil duduk lebih menyehatkan daripada sambil berdiri. Pasalnya, dalam tubuh manusia terdapat jaringan penyaring atau filter yang disebut sfringer, yakni struktur maskuler (berotot) yang berfungsi membuka dan menutup.
“Air yang diminum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan di ginjal. Filter penyaring ini terbuka disaat kita duduk dan tertutup disaat berdiri,” ujar dokter yang praktik di Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ) itu dalam artikel yang dimuat dalam Yahoo Indonesia. Secara internal, tubuh manusia memiliki jaringan penyaring yang dapat membuka dan menutup, maka kebiasaan makan dan minum sambil berdiri sangatlah riskan dan bisa berakibat fatal untuk kesehatan ginjal. Dan ternyata, jika kebiasaan buruk ini sering terjadi dapat mengakibatkan pelakunya pingsan atau mati mendadak.
Sejurus dengan apa yang dikatakan oleh dr. Andri Setiawan, dr. Ana Budi Rahayu, SpS, juga menjelaskan bahwa makan sambil berdiri akan menyebabkan terjadinya reflux asam lambung, asam lambung akan naik ke eksofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi. “Karena itu cara mencegah reflux asam lambung adalah dengan makan sambil duduk,” ujar dokter Spesialis Saraf RS PKU Muhammadiyah Bantul itu seperti yang dirilis oleh Republika.
Sungguh benar sabda Nabi Muhammad SAW, masihkah orang yang beriman akan meneruskan kebiasaan buruk itu? Dengan mengubah kebiasaan makan dan minum sambil berdiri, menjadi duduk selain dapat menyehatkan jasmani, juga pasti mendapatkan pahala dari Allah SWT karena  telah menjalankan sunah Nabi Muhammad SAW. (Lines/Latifah)

Sumber : http://www.ldii.or.id/id/news/2016-02-24-23-20-36/t/1554-hikmah-dari-kebiasaan-yang-menjadi-budaya.html

Posting Komentar