Pelatihan Tingkat Lanjut Jurnalistik DPW LDII Jawa Barat


Depok (14/03/2021) DPW LDII Jawa Barat berkolaborasi dengan Pengprov Senkom Jawa Barat menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut. Ada beberapa narasumber pada pelatihan ini diantaranya Ketua Departemen Komunikasi Informasi dan Media (KIM) DPP LDII, Ludy Cahyana, yang juga pernah berprofesi sebagai redaktur senior beritasatu.com. Berlangsung melalui media zoom, pelatihan atau workshop ini diikuti lebih dari 200 peserta di seluruh DPD LDII di Jawa Barat baik melalui studio mini maupun akun personal yang akan menjadi ujung tombak pemberitaan LDII dari berbagai kota/kabupaten di provinsi Jawa Barat.

Selain menekankan filosofi pemberitaan yang jujur dan berimbang, Ludy Cahyana juga membagikan berbagai tips dalam menulis berita agar mudah dipahami dan menarik pembaca. Mulai dari membagikan tips menyusun berita yang baik, mengenal nilai berita dan jenis pemberitaan, hingga beragam cara mewawancarai narasumber.

Para pembicara menyampaikan materi melalui studio utama di kantor DPW Jawa Barat di Bandung, sedangkan sebagian besar peserta bergabung di studio-studio mini di kota/kabupaten, dan sebagian mengikuti melalui akun personal. Selain melalui akun zoom, kegiatan ini juga disiarkan melalui youtube dan LDII TV.

Dibuka oleh Ketua DPW LDII Jawa Barat, Drg. H. Dicky Harun, Sp.Ort. Pelatihan ini diharapkan kegiatan-kegiatan LDII dapat diberitakan dengan jujur dan berimbang kepada masyarakat, sehingga keberadaan LDII di Jawa Barat dapat menjadi manfaat dan keberkahan yang lebih luas.
Di samping itu, narasumber lain dari acara ini adalah Fauzan Abdul Syukur Kesuma, S.Ikom selaku pemateri Jurnalis Fotografi Repdel LINES Jawa Barat. Beliau menyampaikan bahwa fotografi jurnalistik adalah penggabungan dari 2 media yaitu visual dan verbal yang akan membantu pembaca memahami berita yang disampaikan. Selain itu fotografer jurnalistik yang baik adalah yang dapat membangun instingnya untuk menciptakan sebuah foto yang bermakna. Berbagai materi disampaikannya termasuk 5 elemen yang menguatkan fungsi fotografi jurnalistik hingga teori EDFAT yang melatih sudut pandang terhadap sebuah foto jurnalistik.

DPD LDII Kota Depok ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan mengikutsertakan Pengurus Harian dan anggota Lines Depok, serta  relawan baru dari generasi penerus sebagai bagian kaderisasi pengurus bagian KIM dan TIAT DPD Kota Depok.

Posting Komentar